Tegalrejo—Penilaian Kinerja Kepala Madrasaha (PKKM) di Madrasah Tsanawiyah Syubbanul Wathon dilaksanakan pada Rabu (29/12) bertempat di area MTs Syubbanul Wathon. Kegiatan ini dihadiri oleh sejumlah Pengurus dan Pembimbing MTs Syubbanul Wathon serta Bapak Drs. H Syaiful Faizin yang bertindak sebagai penilai dari Pengawas Madrasah Kantor Kementrian Agama Kabupaten Magelang.

PKKM diatur dalam Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Nomor 1111 tahun 2019. PKKM pada dasarnya merupakan proses evaluasi kualitas kepala madrasah dalam menjalankan tugasnya. Penilaian ini dilakukan secara berkala setiap tahunnya dan empat tahun sekali.

Ruang lingkup dalam juknis SK tersebut meliputi lima hal utama, yaitu konsep penilaian kinerja kepala madrasah, ruang lingkup penilaian kinerja kepala kepala madrasah, perangkat penilaian kinerja kepala madrasah, prosedur pelaksanaan penilaian kinerja kepala madrasah; dan pengendalian, pengawasan, evaluasi, dan pelaporan.

Kinerja kepala Madrasah dinilai dengan lima instrumen penilaian, kelimanya terdiri atas empat tugas utama kepala madrasah ditambah dengan satu komponen tambahan. Lebih jelasnya tampak dalam uraian berikut:

  1. Usaha pengembangan madrasah
  2. Pelaksanaan tugas managerial
  3. Pengembangan kewirausahaan
  4. Supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan
  5. Hasil kinerja kepala madrasah.

Empat pertama instrument penilaian kinerja kepala madrasah dilaksanakan setiap tahun sekali, Adapun intrumen kelima dilaksanakan perempat tahun sekali.

Kegiatan PKKM diawali dengan sambutan oleh Bapak Muflihan Ahmad K, S.Si., Gr selaku kepala madrasah. Dalam sambutannya selain mengucapkan selamat datang kembali pada pengawas, beliau juga bernostalgia terkait akreditasi September lalu. Dilanjutkan dengan balasan sambutan dari pengawas Bapak Syaiful Faizin.

Dalam sambutannya, Drs. Syaiful Faizin memberikan arahan dan motivasi kepada pengurus dan pembimbing, “Prinsip yang harus dipegang adalah Ketika kita benar maka akan banyak pula musuh menghadang.”

MTs Syubbanul Wathon baru saja melaksanakan PKKM pada tahun ini, setelah akreditasi yang baru saja dilaksanakan pada bulan September tahun ini. 

PKKM ini semoga menjadi lecutan bagi MTs Syubbanul Wathon untuk selalu berusaha yang terbaik dalam menebarkan manfaat, mencapai visi misi, memberikan pelayanan yang optimal, serta meningkatkan mutu Pendidikan Madrasah. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *