Oleh: Munitasari, S.Pd.I

Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Al Qur’an dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya. (Q.S. Yusuf/2:2)

Bahasa Arab merupakan bahasa Al-Qur’an. Bahasa Arab adalah salah satu bahasa tertua di dunia. yang mempunyai runtutan sastra yang sangat apik dan tidak hilang oleh perkembangan zaman, tidak terganti oleh Bahasa yang berkembang. Ada beberapa teori yang menjelaskan tentang awal mula munculnya bahasa Arab. Teori pertama menyebutkan bahwa manusia pertama yang melafalkan bahasa Arab adalah Nabi Adam as. Analisa yang digunakan Nabi Adam as (sebelum turun ke bumi) adalah penduduk syurga, dan dalam suatu riwayat dikatakan bahwa bahasa penduduk syurga adalah bahasa Arab, maka secara otomatis bahasa yang digunakan oleh Nabi Adam as adalah bahasa Arab dan tentunya anak-anak keturunan Nabi Adam pun menggunakan bahasa Arab. Itulah salah satu sebab bahasa Arab menjadi bahasa Al-Qur’an.

Mengapa Al Qur’an menggunakan bahasa Arab? “

Para ahli sejarah bahasa sepakat sebuah bahasa itu tumbuh, berkembang dan punah bersama dengan eksistensi sebuah peradaban,” berikut keistimewaan mengapa al Qur’an menggunakan bahasa Arab yaitu,

Pertama, bahasa Arab kaya dengan kosa kata. Salah satu kekuatan bahasa Arab adalah kekayaan kosa kata yang dimiliki. Meski bangsa Arab banyak yang tinggal di gurun pasir, namun bukan berarti mereka tertinggal dalam masalah seni dan budaya. 

Selain itu, seorang pakar yang bernama Syekh Ali Jum’ah mengatakan, bahasa Arab juga memiliki banyak sinonim. Karena dalam bahasa primitif itu tidak terdapat sinonim. 

Dengan perbendaharaan kata yang luas ini, Alquran mampu menjelaskan dan menggambarkan segala sesuatu dengan lincah, indah, dan kuat, tetapi maknanya tetap mendalam. Bahasa yang lain bisa dengan mudah diterjemahkan ke dalam bahasa Arab.

Kedua, Syekh Ali Jum’ah mengatakan, Allah SWT menugaskan bahasa Arab agar menjadi bahasa Alquran. Sebab, bahasa Arab memiliki ciri khas yang dikandungnya sehingga Alquran diturunkan dalam bahasa Arab.

Menukil penejelasan Ibnu Jinni, yakni aspek kelengkapannya. Ciri khusus berikutnya dari bahasa Arab ialah otentik, memiliki ragam metafora, dan ragam bentuk penyampaian.

Ketiga, keistimewaan lainnya, yaitu bahasa Arab memiliki sifat gabungan. Artinya, satu kata dalam bahasa Arab bisa memiliki banyak makna. Misalnya ‘aynun’, yang memiliki banyak arti, di antaranya mata, mata-mata, jiwa, dan lainnya.

Bahasa Arab adalah  salah suatu bahasa dari rumpun bahasa  Semit Selatan yang digunakan oleh orang – orang yang mendiami Semenanjung Arabia  di bagian barat daya Benua Asia. Bahasa Arab telah mengalami perjalanan sejarah yang sangat panjang, seiring dengan  perluasan penyebaran agama Islam dari waktru ke waktu, abad ke abad,  sehingga sekarang bahasa Arab menjadi bahasa resmi di berbagai  Negara, antara lain : Yordania, Suriah , Tunisia, Arab Saudi, Sudan, Mesir, Maroko, Al – Jazair, Irak, Libanon, Libya, Iran, Iran dan Negara-negara yang ada di Semenanjung  Arabia.

Bahasa Arab merupakan bahasa tertua di dunia, dalam pertumbuhan dan  perkembangan tidak diketahui dengan pasti , tetapi teks bahasa Arab tertua ditemukan dua abad sebelum Islam datang yaitu yang dikenal dengan sebutan Sastra Jahiliah (Al-Adab al-Jahiii).

Dengan berkembangnya zaman bahasa Arab makin dikenal disepenjuru dunia, karna bahasa al Qur’an tetap menggunakan bahasa Arab tidak berubah meskipun dibaca oleh orang yang bukan orang Arab. Berikut beberapa hal yang menjadikan Bahasa Arab makin dikenal yaitu karena dibukanya jalur perdadangan antar negara di dunia, pertukaran pelajar antara Indonesia dengan negara Arab, kaum muslim Indonesia yang banyak sekali belajar tentang bahasa arab terutama di pesantren dan Madrasah.

bahasa Arab adalah Bahasa pemersatu, bahasa yang dapat digunakan sebagai alat komunikasi antar negara. Dengan begitu ada negara yang mempunyai inisiatif mendeklarasikan adanya Hari Bahasa Arab, yaitu negara Maroko dan Arab Saudi. Keduanya menginginkan Bahasa Arab menjadi Bahasa resmi yang digunakan dan diakui diseluruh negara-negara di dunia (Internasional).

Lantas, ada apa dengan 18 Desember? 

Memang sudah selayaknya Bahasa Arab diakui di seluruh dunia. Karena Bahasa Arab mempunyai peran besar dalam membangun peradaban di dunia sampai di era modern sekarang. 

Diakui ataupun tidak diakui, bahwa para ilmuwan yang ada, dan banyak dikenal didunia itu ternyata hanya menukil atau copy paste dari ilmuwan-ilmuwan sebelumnya, yang semuanya itu adalah ilmuwan muslim. Dan Bahasa yang digunakan oleh ilmuan muslim itu adalah Bahasa Arab. 

Lebih dari 422 juta jiwa diseluruh penjuru dunia menggunakan Bahasa Arab sebagai Bahasa sehari-hari mereka. Khususnya di Timur Tengah dan Afrika Utara. 

Oleh karena itu pada tanggal 18 Desember 1973, Bahasa Arab resmi terdaftar dan menjadi Bahasa Internasional yang masuk kedalam kesepakatan UNESCO. Karena proses penetapan itulah Bahasa Arab menjadi Bahasa resmi  dunia, dan berada dalam urutan ke-6. Dari 22 Bahasa Negara diseluruh dunia. 

Dari pemaparan di atas diketahui begitu istimewanya bahasa Arab, dan kini kita harus bangga sebagai seorang muslim yang juga mempelajari bahasa tersebut. Semoga kitab isa menjadi pribadi yang lebih baik lagi, yang bukan hanya membaca al Qur’an saja tetapi juga memahaminya. Yang bangga mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi antar negara. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *