Oleh : Naily Syarifah, S.Pd

Hari Cuci Tangan dengan Sabun Sedunia atau Global Handwashing Day diperingati setiap 15 Oktober. Kampanye ini dibuat pada tahun 2008 oleh PBB beserta organisasi-organisasi lainnya dengan tujuan mengurangi tingkat kematian balita akibat kurangnya akses air bersih, pendidikan kesehatan serta fasilitas sanitasi. Selain itu sebagai upaya pencegahan terhadap penyakit yang dapat menurunkan kualitas hidup manusia.

Tahukah kamu bahwa anjuran mencuci tangan merupakan salah satu tuntunan yang diajarkan Rasulullah SAW ?

Sebelum masyarakat ramai terkait perintah mencuci tangan, Islam terlebih dahulu mengajarkan kepada pemeluknya untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihan dengan cara mencuci tangan. Tuntunan tersebut dibawakan oleh Rasulullah SAW. Seperti dalam Hadist Riwayat Tirmidzi :

عَنْ سَلْمَانَ، قَالَ قَرَأْتُ فِي التَّوْرَاةِ أَنَّ بَرَكَةَ الطَّعَامِ الْوُضُوءُ بَعْدَهُ فَذَكَرْتُ ذَلِكَ لِلنَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم فَأَخْبَرْتُهُ بِمَا قَرَأْتُ فِي التَّوْرَاةِ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم ‏ “‏ بَرَكَةُ الطَّعَامِ الْوُضُوءُ قَبْلَهُ وَالْوُضُوءُ بَعْدَهُ ‏”

Artinya: Dinarasikan Salman: Saya membaca di Taurat, berkah makanan ada di wudhu setelah menyantapnya. Lalu aku mengatakannya pada Nabi Muhammad SAW yang aku baca di Taurat. Setelah itu Rasulullah SAW mengatakan, “Berkah pada makanan ada di dalam wudhu sebelum dan setelah menyantap hidangan.” (HR Tirmidzi).

Wudhu memiliki tujuan mensucikan diri sebelum beribadah, diawali cuci tangan sebelum membersihkan bagian tubuh yang lain. Hadits tersebut da’if atau darussalam, bukan shahih yang merupakan derajat tertinggi. Akan tetapi melihat kondisi saat ini, tidak ada salahnya rajin mencuci tangan sebelum atau setelah beraktivitas. Kita tahu bahwa manfaat mencuci tangan telah terbukti dalam berbagai riset ilmu pengetahuan. Studi US Nastional Library of Medicine National Institutes of Health mengatakan mencuci tangan dengan sabun dan air lebih efektif untuk menghilangkan bakteri yang berpotensi berasal dari berbagai penyakit.

Menurut Kementerian Kesehatan- Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, mencuci tangan dengan sabun mampu membersihkan kotoran dan merontokkan kuman pada tangan. Hal senada juga dating dari ahli di Havard University. Menurut pakar di sana, sabun dan air adalah Teknik atau cara efektif untuk membunuh kuman pada tangan. (dr.Fadli Rizal, 2020)

Hadist Riwayat Muslim :

عَنْ جَابِرٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، أَنَّهُ أَخْبَرَهُ أَنَّ النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم قَالَ ‏ “‏ إِذَا اسْتَيْقَظَ أَحَدُكُمْ فَلْيُفْرِغْ عَلَى يَدِهِ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ قَبْلَ أَنْ يُدْخِلَ يَدَهُ فِي إِنَائِهِ فَإِنَّهُ لاَ يَدْرِي فِيمَ بَاتَتْ يَدُهُ ‏”‏ ‏.‏

Artinya: Rasulullah SAW mengatakan, “Ketika kamu bangun tidur, dia seharusnya cuci tangan tiga kali sebelum beraktivitas karena dia tidak tahu kondisi tangannya saat malam hari.” (HR Muslim).

Hadits shahih ini kembali mengingatkan pentingnya mencuci tangan sebelum melakukan aktivitas. Cuci tangan sebagai pencegahan adanya virus dan bakteri yang berisiko menginfeksi tubuh.

Islam begitu teratur dan tertata secara rinci akan setiap kebutuhan pemeluknya. MasyaaAllah.

Sejak awal tahun 2020, dunia sangat mencengkam akibat hadirnya wabah COVID-19. Virus ini menyerang banyak korban jiwa hingga berdampak pada sector lain termasuk ekonomi. Semua masyarakat di dunia diharapkan dapat saling bekerja sama guna memutus tali penularan COVID-19 dan bahkan menghapusnya dari dunia ini. Pemerintah RI mengajak masyarakat untuk menggerakkan 3 M yaitu Menjaga Jarak, Mencuci Tangan dan Memakai Masker.

Dalam rangka memperingati Hari Mencuci Tangan dengan Sabun Sedunia, mari mulai hari ini kita sama-sama meng-istiqomahkan mencuci tangan dengan sabun sebelum dan setelah beraktivitas. Selain dengan tujuan membunuh virus dan bakteri yang menempel di tangan, memutus tali penularan virus COVID-19, juga tentunya berharap mendapatkan berkah karena telah melaksanakan Sunnah Nabi Muhammad SAW.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *