Magelang—Tiga siswi MTs Syubbanul Wathon berhasil meraih tiga kejuaraan sekaligus dalam Kompetisi Sains Madrasah (KSM) yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Kabupaten Magelang. Tiga diantaranya adalah Azka Aisyi Aulia (Barizan 3) juara satu bidang studi IPS terpadu terintegrasi, Paramitha Aufa Sabrina (Barizan 3) juara dua bidang studi matemaika terintergrasi, dan Nafisa Fatimatuz Zahra (Barizan 4) juara tiga bidang studi IPA terpadu terintergrasi.

Kemenangan ini tentu tidak lepas dari doa dan dukungan dari segenap keluarga besar MTs Syubbanul Wathon tanpa terkecuali. Wabil khusus para pembimbing yang  telah membimbing dan membersamai para siswi dalam menyiapkan perlombaan ini, yakni Ibu Nayli Syarifah, S.Pd pembimbing bidang studi matematika, Ibu Zudha Rahma Nur Azizah, S.Pd pembimbing bidang studi IPS, Ibu Arum Farkhati, S.Pd pembimbing bidang studi IPA. Ketiga pembimbing juga berkolaborasi dengan Ibu Eka Safitri, S.Pd serta Ibu Nasihatul Khoiriyah, S.Pd selaku pembimbing bidang keagamaan.

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan sebuah kegiatan yang digelar dan diadakan oleh Kementerian Agama sebagai wahana membangun ghirah kompetisi sains di kalangan siswa madrasah. KSM berupaya mengelaborasi sains dengan konteks nilai-nilai Islam. Integrasi sains dan konteks nilai-nilai Islam dalam KSM meliputi soal-soal yang dielaborasi dengan konteks yang ada dalam Al Qur’an; soal-soal sains yang menggali konsep serta terapan yang ada dalam Islam semisal zakat, falak, dan tema lainnya dimaksudkan agar siswa tetap mengkaji konsep keislaman dengan sains yang holistik; serta soal keilmuan sains murni, ini dilakukan sebagai upaya tetap menyejajarkan siswa-siswa madrasah dengan siswa-siswa olimpiade sains di madrasah. Jenis-jenis soal tersebut ada yang dikemas menggunakan Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Arab.

Ajang KSM tingkat kabupaten kali ini dilakukan secara daring dan diikuti oleh seluruh madrasah di Kabupaten Magelang mulai jenjang madrasah ibtidaiyah, tsanawiyah, hingga aliyah. Adapun pelaksanaannya untuk jenjang tsnawiyah dilaksanakan serentak pada hari Ahad, 22 Agustus 2021. 

KSM Kabupaten ini merupakan tahapan seleksi KSM di tingkat Kabupaten/Kota. Tahapan ini dimaksudkan untuk menjaring siswa terbaik tiap bidang studi yang mewakili setiap Kabupaten/Kota untuk mengikuti tahapan KSM provinsi. (Iz)

One thought on “MTs Syubbanul Wathon Sabet Tiga Kejuaraan Sekaligus di Ajang KSM Kabupaten Magelang”
  1. Alhamdulillah….
    Masya Allah….
    Selamat sudah membawa nama Baik Madrasah Tsanawiyah Syubbanul Wathon…
    Semoga Ananda lebih semangat belajarnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *